100 Things Every Black Girl Should Know: For Girls 10-100

100 Things Every Black Girl Should Know: For Girls 10-100

PPKn bagaimana penyebaran suku bangsa dan negara​

bagaimana penyebaran suku bangsa dan negara​

Jawaban:

Persebaran Suku Bangsa di Indonesia dari Sabang Sampai Merauke

Seperti yang kita tahu, Indonesia sendiri merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau, oleh sebab itu persebaran suku bangsa di Indonesia tersebut bisa kita identifikasi berdasarkan wilayah kepulauannya.

Pulau Jawa

Misalnya saja di pulau Jawa, suku bangsa Jawa sendiri disebut sebagai suku bangsa yang mendominasi wilayah Indonesia, sebab sekitar 45-60 persen penduduk Indonesia berasal dari suku bangsa tersebut. Melansir dari laman Indonesia.go.id, saat ini suku Jawa diperkirakan berjumlah sebanyak 95 juta jiwa lebih.

Selain terdiri tadi suku Jawa, penduduk di pulau Jawa juga terdiri dari beberapa suku bangsa seperti suku Sunda yang mendiami wilayah Jawa Barat, suku Madura dan Tengger yang mendiami Jawa Timur, suku Betawi di DKI Jakarta.

Pulau Sumatera

Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, pulau Sumatera juga termasuk wilayah yang memiliki banyak suku bangsa. Dikutip dari Kembangkan Kecakapan Sosialmu (2006: 76), jika kita tengok wilayah Nangroe Aceh Darussalam, maka kita bisa menemukan suku bangsa Aceh, Gayo, dan Alas.

Sementara di Sumatera Utara kita dapat menjumpai suku bangsa Batak, Nias, dan Melayu. Kemudian di wilayah Sumatera Barat terdapat suku Minangkabau dan Mentawai, sedangkan di Sumatera Selatan terdapat suku Palembang, Melayu dan Pasma. Lalu Riau memiliki suku Melayu, Jambi memiliki suku Melayu, Jambi dan Kubu, Bengkulu terdiri dari suku Melayu dan Renjang serta Lampung terdiri dari suku Lampung dan Jawa.

Di pulau Sumatera sendiri, suku Batak tercatat sebagai suku bangsa terbanyak ke-3 di Indonesia setelah suku Jawa dan Sunda.

Pulau Kalimantan

Kalimantan dikenal juga sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia yang juga memiliki banyak suku bangsa. Adapun diantaranya ialah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah terdapat suku Melayu dan Dayak, sementara di Kalimantan Selatan terdapat suku Melayu, Dayak, dan Banjar, serta di Kalimantan Timur terdapat suku Kutai, Melayu dan Dayak.

Pulau Sulawesi dan Maluku

Di daerah Sulawesi Selatan terdapat suku Bugis, Makassar dan Toraja. Kemudian di Sulawesi Tengah terdapat suku Laina dan Tomini. Di Sulawesi Utara ada suku Minahasa dan Sangihe Talaud, serta di Sulawesi Tenggara terdapat Mekongga, Tolaki, Buton dan Muna. Sementara di Gorontalo terdapat suku Gorontalo. Kemudian di kepulauan Maluku terdapat suku Ambon, Kei, Tanibar, Ternate dan Obi.

Pulau Papua

Pulau Papua terdiri dari beberapa suku bangsa diantaranya suku Arfak di Papua Barat, kemudian ada suku Asmat dan Biak di Papua Tengah dan di Papua Timur terdapat suku Dani dan Sentani.

Selain suku-suku yang telah disebutkan tadi, masih ada banyak suku bangsa lainnya yang terdapat di beberapa pulau di Indonesia misalnya saja suku Bali di pulau Bali, suku Sasak, Sumbawa, Mbojo di Nusa Tenggara Barat, lalu ada pula suku Alir, Solor, Roti, Sawu, Sumba, dan Flores di Nusa Tenggara Timur dan masih banyak lainnya.

Jika ingin tahu informasi lebih lengkap tentang persebaran suku bangsa di Indonesia, maka anda bisa langsung mengunjungi laman indonesia.go.id ya! Semoga informasi tadi dapat bermanfaat!